7 Fitur dasar aplikasi pembukuan yang berguna bagi UMKM

7 Fitur dasar aplikasi pembukuan yang berguna bagi UMKM

Memiliki aplikasi pembukuan di era kompetitif dan disruptif bukan sekedar kebutuhan, melainkan sebuah keharusan. Menariknya, kita bahkan bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pembukuan atau software akutansi gratis untuk operasional harian bisnis. Fitur canggih pada aplikasi pembukuan memungkinkan bisnis UMKM berlajan efisien, dan produktif.

Aplikasi pembukuan menjadi tools penting bagi pelaku UMKM untuk mengotomatisasi, melacak, dan menganalisis transaksi keuangan mereka. Penting bagi UMKM untuk menggunakan aplikasi pembukuan atau keuangan yang efektif guna menjaga kesehatan finansial bisnis.

Ada begitu banyak pilihan aplikasi keuangan yang bisa Anda gunakan. Namun, penting bagi Anda untuk mengenali fitur-fitur penting dalam aplikasi keuangan yang dibutuhkan agar penggunaannya optimal. Jika tidak, muncul masalah lain seperti pencatatan kuangan tidak akurat, sehingga menyebabkan kerugian finansial. 

Memilih aplikasi pembukuan yang efektif

Manajemen keuangan menjadi aspek krusial dalam menjalankan bisnis. Tanpa manajemen yang baik dan benar, bisnis akan menghadapi berbagai masalah. Mulai dari kebocoran anggaran, salah mengambil strategi bisnis, bahkan hingga gulung tikar alias bangkrut. 

Seiring perkembangan teknologi digital, aplikasi pembukuan menjadi suatu keniscayaan, tak terkecuali bagi bisnis skala UMKM. Faktanya, tak sedikit pelaku UMKM yang mengalami kendala terkait pencatatan keuangan. Karenanya, aplikasi pembukuan hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam pencatatan keuangan harian bisnis.   

Baca juga : 4 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis untuk UMKM

Dengan aplikasi keuangan berbasis digital, pengusaha UMKM bisa mengefisiensi waktu dan tenaga mereka untuk melakukan pekerjaan pencatatan yang dilakukan secara repetitif. Aplikasi juga memungkinkan mereka meminimalisir data invalid, dan memantau kondisi keuangan bisnis secara real time.

Tentu saja, aplikasi pembukuan bisnis yang efektif harus punya rangkaian fitur utama yang mendukung berbagai aspek manajemen keuangan. Keberadaan fitur tentu saja bukan sekedar untuk mempermudah pencatatan, tetapi juga harus bisa memberikan insight penting yang berguna dalam pengambilan keputusan strategis.

Beberapa fitur dasar yang dibutuhkan oleh UMKM saat menggunakan aplikasi keuangan mencakup pencatatan transaksi, manajemen utang piutang, laporan keuangan, persediaan barang, dan fitur pembuatan invoice. Fitur tersebut mempermudah UMKM untuk memantau arus kas, mengelola operasional keuangan lebih efisien, dan mengevaluasi kinerja bisnis. 

7 Fitur Penting yang harus ada dalam aplikasi pembukuan

Meski skala bisnis masih kecil, namun penting bagi pelaku UMKM untuk memastikan fitur penting ada dalam aplikasi pembukuan. Fitur tersebut bukan hanya mempermudah kita dalam mengelola keuangan, tapi juga memberi nilai tambah atau insight penting bagi perkembangan bisnis secara menyeluruh. Berikut daftar fitur yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi keuangan tertentu.

Pencatatan transaksi otomatis

Fitur ini memudahkan UMKM untuk mencatat setiap transaksi masuk secara otomatis, mulai dari penjualan, pembelian, dan pengeluaran. Dengan fitur ini, kamu hanya perlu menginput data melalui di laptop atau smartphone, tanpa perlu lagi melakukan pencatatan manual. Jika terjadi kesalahan, tentu lebih mudah memperbaikinya dibanding harus mencatatnya secara manual. 

Laporan keuangan

Aplikasi pembukuan yang baik pasti memiliki fitur laporan keuangan secara sistematis dan data bisa diakses secara real time. Laporan penting yang diperlukan oleh UMKM mencakup laba rugi, arus kas, dan neraca. Format laporan tentunya dibuat mengikuti standar akuntansi yang berlaku. Dengan laporan keuangan, UMKM bisa memanau kesehatan finansial bisnis kapanpun, dan mempermudah untuk mengambil keputusan strategis.

Baca juga : 4 Fitur Andalan Akuntansiku yang Bantu UMKM Bertumbuh

Manajemen stok 

Fitur manajemen stok atau inventaris sangat membantu UMKM yang menjual produk/barang secara fisik. Fitur ini memberikan info terkait stok persediaan barang secara real time, dan pengelolaan multi gudang. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa jumlah persediaan barang di gudang selalu optimal.

Manajemen invoice 

Manajemen invoice termasuk fitur penting yang dibutuhkan oleh UMKM untuk membuat, mengirim, dan melacak status penagihan, baik yang masuk ataupun keluar. Ini akan mempermudah pemilik bisnis untuk memantau arus kas dan pembayaran. 

Beberapa aplikasi sudah menyediakan template invoice yang bisa disesuaikan dan punya opsi pengiriman langsung ke pelanggan. Pembuatan faktur, pengingat pembayaran, pengiriman ivoice, dan pelacakan, semua aktivitas tadi bisa berjalan secara otomatis.

Rekonsiliasi bank otomatis

Aplikasi pembukuan rasanya perlu menawarkan fitur yang memungkinkan integrasi langsung dengan rekening bank. Tujuannya agar semua teransaksi tercatat otomatis dalam sistem tanpa perlu input manual.

Untuk memastikan akurasi data keuangan, aplikasi juga perlu mengembangkan fitur rekonsiliasi bank otomatis. Fitur ini akan mencocokkan transaksi dalam sistem internal perusahaan dengan mutasi rekening bank lebih cepat, mudah, dan valid.

Fitur perpajakan 

Taat peraturan pajak menjadi aspek krusial bagi setiap bisnis, tak terkecuali UMKM.  Fitur perpajakan membantu UMKM menghitung PPN, PPh, dan menyusun laporan pajak sesuai aturan berlaku. Layanannya bisa berupa perhitungan pajak secara otomatis dan pelaporan langsung ke DJP.

Keamanan data

Data keuangan menjadi istu sensitif bagi bisnis, sehingga keamanannya menjadi prioritas utama. Meskipun tidak berbayar alias gratis, pastikan aplikasi yang kamu pakai punya sistem keamanan memadai. Misalnya tersedia sistem enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan backup data otomatis. 

Baca juga : 4 Alasan UMKM Perlu Membuat Laporan Keuangan

Rekomendasi aplikasi pembukuan gratis untuk UMKM

Ada banyak aplikasi pembukuan yang muncul di pasaran. Mulai dari skala lokal, hingga aplikasi yang digunakan oleh pengguna global. Pemanfaatan aplikasi idealnya sesuai dengan skala bisnis dan budget perusahaan. 

Bukan soal mahal tidaknya sebuah aplikasi, melainkan efektif tidaknya dia untuk bisnis kita. Kita bisa merauh untung maksimal meski menggunakan aplikasi gratis. Pun sebaliknya. Semua tergantung kebutuhan, model bisnis, dan budget.

Jika kamu mencari aplikasi pembukuan gratis yang banyak dipakai oleh para pebisnis pemula atau UMKM, Akuntansiku bisa jadi rekomendasi terbaik. Kamu bahkan bisa mengkases semua fitur premiumnya dengan biaya sangat terjangkau bagi UMKM. 

Download Akutansiku, dan manfaatkan beberapa fitur gratis untuk jurnal keuangan harian bisnis!

Bagikan Artikel ini
Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *