Ada gak sih fitur akuntansi gratisan yang bisa membantu pengelolaan keuangan UMKM lebih efisien? Di Akuntansiku ada! Beberapa penyedia software keuangan lain juga menyediakan layanan atau fitur akuntansi dasar untuk UMKM.
Menggunakan software akuntansi bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang bagi UMKM dan bisnis lainnya. Sayangnya, untuk memiliki software akuntansi, pemilik bisnis harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar. Karena itu, UMKM perlu lebih teliti dalam memilih software akuntansi yang sesuai kebutuhan dan budget.
Ada beberapa software akuntansi yang dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan keuangan UMKM. Rekomendasi software akuntansi gratis berbasis cloud bagi UMKM, salah satunya adalah Akuntansiku. Fitur gratis dari Akuntansiku memudahkan siapa pun, bahkan yang masih awam, untuk mencatat keuangan secara rapi dan terstruktur.
Artikel terkait:
- 5 Rekomendasi Software Akuntansi Berbasis Cloud
- Mengatur Fitur Budgeting di Aplikasi Akuntansiku
- 4 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis untuk UMKM
4 Fitur Akuntansiku yang jadi andalan UMKM
Pelaku UMKM tak perlu melakukan pencatatan manual yang cukup memakan waktu, dan terkadang hasilnya keliru. Disrupsi teknologi digital telah mengubah cara manusia berinteraksi, pun melahirkan model bisnis baru.
Di bidang akuntansi misalnya, pelaku usaha kini lebih mudah melakukan pencatatan keuangan bisnis secara sistematis, dan cepat melalui aplikasi akuntansiku. Lebih dari 100 ribu pelaku usaha telah menggunakan akuntansiku untuk mempermudah urusan keuangan bisnis. Di bawah ini 4 fitur Akuntansiku yang bisa jadi andalan bagi pelaku bisnis UMKM.
Pertama, fitur pencatatan transaksi keuangan
Pengguna bisa mengelola pemasukan dan pengeluaran arus kas bisnis lebih mudah, cepat, dan sistematis. Akuntansiku menyajikan data visual yang menarik dan mudah dipahami bahkan oleh orang awam.
Dengan fitur pencatatan transaksi harian otomatis, UMKM tak perlu lagi membuat laporan manual Excel yang cukup rumit, terutama bagi orang awam. Semua transaksi tercatat rapi dan siap diakses kapan saja, bahkan lewat ponsel. Proses ini menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan input atau human error.
Kedua, fitur dashboard web dan mobile
UMKM bisa mengakses laporan keuangan secara real time, kapan saja dan dari perangkat mana saja. Dengan begini, pelaku bisnis lebih fleksibel dalam memantau kondisi keuangan bisnis tanpa perlu meminta dokumen laporan bulanan ke tim finance atau melihat data di komputer kantor. UMKM bisa mengetahui gambaran keuangan, arus kas, hingga status transaksi lebih cepat dalam satu layar.
Ketiga, ekspor data
Saat UMKM memerlukan dokumen laporan untuk kebutuhan tertentu, mereka bisa mengunduh datanya di dashboard dalam format excel atau PDF. Fitur ini juga menjadi solusi penyimpanan data yang lebih efektif. Semua laporan keuangan tersimpan rapi secara digital, sehingga UMKM lebih mudah membagikan data laporan ke mitra bisnis, konsultan pajak, atau lembaga keuangan.
Terakhir, fitur invoice
Akuntansiku menyediakan template invoce menarik yang bisa langsung dipakai tanpa perlu lagi desain manual. Pengguna hanya perlu mengisi detail transaksi, lalu dalam hitungan detik invoice siap diunduh atau dikirim ke email pelanggan. UMKM juga lebih mudah melakukan pelacakan dan pencatatan piutang karena invoice sudah tercatat dalam sistem.
Jadi, fitur mana yang akan jadi andalan utama untuk bisnismu?
Itulah tadi 4 fitur andalan Akuntansiku yang bisa membantu UMKM bertumbuh. Pencatatan keuangan yang terstruktur dan otomatis bukan lagi tantangan bagi pelaku bisnis UMKM. Dengan desain yang simpel, aplikasi Akuntansiku memungkinkan siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah, meski tidak punya latar belakang di bidang akuntansi.
Tak perlu khawatir soal biaya, karena software akuntansiku juga menyediakan versi gratis yang cukup untuk memulai, terutama bagi pebisnis pemula. Namun, jika menginginkan akses fitur lengkapnya, Anda bisa upgrade ke paket premium, dengan fasilitas 14 hari percobaan terlebih dahulu tanpa biaya atau syarat.
Gimana, tertarik untuk mencoba menikmati fitur akuntansi dasar secara gratis juga? Caranya gampang kok! Segera buat akun Akun Akuntansiku disini. Anda juga bisa men download gratis aplikasinya di mobile melalui Playstore atau App Store. Mulai sekarang, kelola pengeluaran dan pendapatan bisnis jadi lebih cepat, mudah, dan efisien!
