Teknologi kecerdasan artifisial atau AI akuntansi menjadi sebuah keniscayaan dalam bisnis. Selain mengotomatisasi pekerjaan berulang, teknologi AI juga menawarkan kemampuan analisis data tingkat lanjut yang bisa dijadikan dasar untuk membuat keputusan strategis.
Melansir laman Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), hasil sebuah riset menyebut bahwa implementasi AI akuntansi meningkatkan operasional dan akurasi data keuangan. AI bisa memproses data jumlah besar secara cepat dan akurat. Sistem AI juga bisa meminimalisir risiko kesalahan manusia yang sering muncul dalam proses manual.
AI akuntansi umumnya digunakan untuk mengotomatisasi pekerjaan rutin. Misalnya, input data, rekonsiliasi bank, pemrosesan faktur, dan manajemen invoice. Teknologi AI punya kemampuan untuk memproses dan menganalisis bisnis lebih informatif dan strategis.
Teknologi AI juga dipercaya mampu mendeteksi penipuan dalam transaksi keuangan. Dengan algoritma kompleks, AI mampu menganalisis ribuan transaksi dan mengidentifikasi indikasi aktivitas penipuan.
Memanfaatkan AI akuntansi pada fitur penjurnalan
Proses penjurnalan termasuk aktivitas berulang yang cukup memakan waktu. Tapi itu dulu, sebelum mengenal teknologi AI. Sekarang, dengan AI akuntansi, semua prosesnya bisa berjalan otomatis, dan cepat.
Aplikasi akuntansiku memiliki fitur yang memanfaatkan teknologi kecerdasan untuk membantu pencatatan keuangan. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur rekomendasi AI di aplikasi Akuntansiku untuk proses penjurnalan.
Baca juga : Mengatur Fitur Budgeting di Aplikasi Akuntansiku
Pertama, login ke aplikasi akuntansiku. Jika kamu pengguna baru atau belum punya akun, silakan daftar terlebih dahulu. Setelah registrasi dan akun sudah diverifikasi, berikutnya login akun. Lalu, masuk ke akun perusahaan atau bisnis yang ingin kamu tambahkan transaksinya.
Kedua, setelah melewati proses login, kamu akan disuguhkan dengan tampilan dashboard Akuntansiku. Di halaman dashboard, pilih menu transaksi, lalu tambahkan transaksi dengan cara klik tombol tambah di bagian atas yang berada di sebelah nama perusahaanmu.
Ketiga, minta bantuan AI untuk penjualan. Untuk menambahkan transaksi secara manual, kamu perlu memasukkan data-data yang dibutuhkan sebagaimana yang diminta pada halaman tambah transaksi.
Di bagian jenis transaksi, klik tombol “Minta bantuan AI untuk pernjurnalan”. Setelah itu, akan muncul menu pop up untuk mengisi perintah yang mau dilakukan. Isikan perintah seperti contoh yang diberikan pada kolom isian atau isi sesuai kebutuhan.
Misalnya, ketik “Gaji karyawan sebesar 5 juta sudah dibayar. Bagaimana jurnalnya?”. Lalu, klik tombol tanyakan. Sementara itu, AI akan memproses dan menampilkan hasil perjurnalan. Namun, sebelum itu, tunggu hingga proses selesai dan hasilnya sudah muncul.
Keempat, periksa lagi jawaban yang diberikan oleh AI. Pastikan jawaban atau data AI sudah sesuai dengan yang kamu maksud. Jika hasil sudah benar atau sesuai yang kamu maksud, klik “Iya, sudah benar” lalu klik tombol “Tanyakan”, maka jurnal akan diproses secara otomatis.
Ayat jurnal otomatis terisi dengan akun gaji dan kas sebesar 5 juta. Kamu bisa tambahkan catatan jika diperlukan. Lalu, klik “Simpan teransaksi”.
Langkah terakhir, cek ulang transaksi yang sudan tersimpan. Cek juga di laporan keuangan atau laporan transaksi, apakah data sudah masuk atau belum. Biasanya data langsung muncul di laporan, dan bisa dicek lagi.
Baca juga : 4 Fitur Andalan Akuntansiku yang Bantu UMKM Bertumbuh
Itulah tadi lima langkah penggunaan AI akuntansi untuk perjurnalan di aplikasi akuntansiku. Kamu juga bisa menonton video tutorial penggunaan AI akuntansi untuk proses penjurnalan melalui channel youtube Akuntansiku. Di channel tersebut juga ada vido tutorial penggunaan fitur-fitur di aplikasi akuntansiku
Apa kata para pengguna tentang Akuntansiku?

Akuntansiku adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang diciptakan untuk membantu pencatatan keuangan bisnis secara lebih muda dan terstruktur. Aplikasinya tersedia dalam versi website maupun mobile aplikasi.
Akuntansiku tercatat sudah digunakan oleh 100 ribu pelaku usaha, utamanya bisnis UMKM. Soal biaya, akuntansiku menyediakan versi percobaan gratis di awal penggunaan. Namun, jika menginginkan akses fitur lengkapnya, kamu bisa beralih ke paket premium dengan biaya langganan sangat bersahabat, utamanya bagi UMKM.
Kesan beberapa pengguna pada aplikasi akuntansiku diantaranya tampilan simple sehingga mudah dipahami bahkan bagi pengguna yang tidak punya background pendidikan bidang akuntansi.
Kesan berikutnya, aplikasi ini memiliki fitur lengkap dengan detail kategori, dan spesifikasi. Untuk pengguna yang baru menjalankan bisnis, atau skala kecil dan menengah, akuntansiku terbilang sudah memenuhi kebutuhan pencatatan keuangan mereka.
Baca juga : Cara Menambah Karyawan di Aplikasi Akuntansiku: via Mobile dan Website

