Pembuatan laporan keuangan sangatlah penting untuk semua kegiatan usaha, baik yang berorientasi pada keuntungan ataupun non profit oriented. Tak terkecuali dengan UMKM. Standar pelaporan keuangan bagi UMKM saat ini menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM).
Pencatatan keuangan yang baik dan benar mempermudah UMKM mendapatkan pinjaman bank untuk modal pengembangan usaha. Salah satu syarat pengajuan pinjaman ke bank harus menyertakan laporan keuangan lengkap untuk mengetahui arus keuangan dari usaha berjalan.
Artikel terkait : 4 Alasan UMKM Perlu Membuat Laporan Keuangan
Menulis laporan keuangan simple untuk bisnis online
Laporan keuangan atau pembukuan menjadi hal krusial bukan hanya untuk perusahaan skala besar, tapi juga penting bagi perusahaan kecil dan menengah. Idealnya, terdapat 5 komponen utama dalam laporan keuangan, yaitu:
- Laporan laba/rugi
- Laporan perubahan ekuitas
- Laporan arus kas
- Laporan neraca
- Catatan atas laporan keuangan
Pembuatan laporan keuangan bisnis online idealnya dimulai sejak awal bisnis berjalan. Akuntan perlu mengumpulkan beberapa data valid untuk membuat laporan keuangan. Sekecil apapun pengeluaran (kredit) dan pemasukan (debit), pengusaha bisnis online perlu mencatatkannya dalam buku kas utama.
Jika Anda baru menjalankan bisnis online, buatlah laporan keuangan sederhana. Isinya mencatat tentang modal, kewajiban, harta, pendapatan, dan pengeluaran. Semuanya digunakan sebagai dasar penyusunan neraca dan laporan laba rugi. Untuk memberi gambaran lebih jelas, di paragraf berikutnya terdapat penjelasan dan contoh pembukuan simple untuk bisnis online.
Laporan pemasukan dan pengeluaran
Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran atau buku kas utama ini cukup simple. Anda hanya butuh memuat format catatan pemasukan dan pengeluaran seperti contoh tabel di bawah ini, lalu memasukkan detil transaksi di tiap kolomnya.
Tanggal | Deskripsi | Pemasukan | Pengeluaran | Saldo |
01.08.2027 | Saldo awal | Rp2.500.000 | ||
03.08.2027 | Pemasukan dari kelas privat 1 peserta | Rp750.000 | Rp3.250.000 | |
06.08.2027 | Pembelian alat rekaman (mic condenser) | Rp1.200.000 | Rp2.050.000 |
Periode 1 – 31 Agustus 2027
Laporan pesanan
Buku pesanan sebenarnya bisa dilihat secara mendetai langsung dari platform digital atau tempat Anda menjual jasa/produk tersebut. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap membuat laporan atau pembukuan pesanan untuk merekap keseluruhan data dari berbagai channel penjualan. Tujuannya untuk memastikan proses sekaligus pengiriman pesanan sudah benar, dan memantau keseluruhan jumlah pesanan masuk.
Nomor order kursus | Tanggal | Deskipsi | Platform pembelian | Harga | Total pesanan | Harga toal |
VO-001 | 03.08.2027 | Pemasukan dari kelas privat 1 peserta | DM Instagram | Rp750.000 | 1 | Rp750.000 |
VO-002 | 08.08.2027 | Pembelian Kelas grup intermediate | Website | Rp750.000 | 3 | Rp2.250.000 |
VO-003 | 10.08.2027 | Webinar teknik vokal dan artikulasi | Eventbrite | Rp100.000 | 10 | Rp1000.000 |
Periode 1 – 31 Agustus 2027
Laporan laba rugi
Penulisan laporan laba rugi terbilang cukup simple. Anda hanya perlu menambahkan seluruh total pemasukan dan pengeluaran selama satu periode atau bisa juga menggunakan rumus ini :
Rumus laba/rugi = Pendapatan – Pengeluaran
Jika hasil pengurangannya poitif (+) maka bisnis Anda dikatakan untung. Sebaliknya, jika hasinya negatif (-), berarti bisnis Anda sedang rugi.

Periode 1 – 31 Agustus 2027
Laporan perubahan modal
Laporan perubahan modal biasanya dibuat setelah laporan laba/rugi. Tujuannya untuk melihat perubahan nilai ekuitas pengusaha bisnis online pada periode tertentu, yang disebabkan oleh laba/rugi bersih, penambahan investasi, dan pengambilan pribadi (prive) oleh pemilik.

Periode 1 – 31 Agustus 2027
Permudah laporan harian bisnis online dengan aplikasi Akuntansiku. Catat pemasukan, pengeluaran, hingga laba rugi kini bisa berjalan otomatis, cepat, dan tanpa ribet langsung dari genggaman! Akuntansiku bisa mencatat setiap transaksi keuangan secara efisien dan otomatis. Mulai sekarang, tak perlu lagi merasa kewalahan dengan angka dan laporan keuangan yang rumit.
6 Alasan Mengapa Harus Memilih Akuntansiku untuk Bisnismu !
- Data Privasi Keuangan Bisnismu Tentunya Terjaga Kerahasiaannya
- Data Tersimpan di Cloud dapat diakses kapan saja, di mana saja, dengan perangkat apapun loh
- Akses Platform Apa Saja mulai dari Website, Aplikasi Android dan IOS, semua data dan laporan selalu tersedia dalam Genggamanmu
- Multi User, Akuntansiku dapat diatur Hak Akses masing-masing Karyawan
- User Friendly, tampilan mudah dipahami dan sederhana cocok untuk UMKM
- Dukungan Customer Service, Kami akan membantu jika user mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan seputar penggunaan aplikasi melalui sambungan WhatsApp

Download Aplikasi pada Tombol dibawah ini